Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Sebira, Pulau Bagus Dengan Keindahan Alam Bawah Bahari Di Kepulauan Seribu

Konten [Tampil]




harga tiket: Dari Rp 450.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu Administrasi, DKI Jakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Kepulauan Seribu yakni salah satu tujuan liburan paling menarik. Di antara lebih dari seratus pulau yang membentuk daerah Kepulauan Seribu, Pulau Sebira atau disebut juga Sebira mampu menjadi opsi. Berada di ujung paling ujung deretan Kepulauan Seribu, menjadikannya makin bersahabat dengan Way Kambas yang ialah bagian dari Provinsi Lampung.


Di peta Anda akan memperoleh pulau berjulukan Pulau Jaga Utara. Secara letak geografis bahwasanya merupakan kepulauan di Kabupaten Kepulauan Seribu, meski jauh dari daratan Jakarta. Anda mampu mengunjunginya untuk menerima liburan yang tak terlupakan. Apa yang menarik dari pulau ini?


Cek hotel murah di Kepulauan Seribu


Daya Tarik Pulau Sebira


Foto oleh Ero Kuswara di Google Maps


✦ Sejarah mercusuar Noord Wachter


Pulau Sebira disebut Noord Wachter, yang bermakna “penjaga utara”, pada masa penjajahan Belanda. Pada abad pemerintahan Raja Willem III. Sebuah mercusuar dibangun pada tahun 1869. Mercusuar itu berfungsi selaku kawasan mengawasi kapal-kapal asing dari daerah utara yang mau memasuki Batavia.


Menara mercusuar setinggi 48 meter diproduksi di Metallwerk NV Koninklijke Nederlandsche Grofsmederij di Belanda. Semua materi bangunan dibawa ke pulau itu dengan kapal uap Hertog Bernhard. Hingga saat ini mercusuar peninggalan zaman penjajahan Belanda ini masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.


✦ Pelestarian penyu sisik


Pulau Sebira ialah habitat penyu sisik yang ialah salah satu spesies penyu yang dilindungi. Sehingga disini terdapat daerah penangkaran penyu sisik yang ialah inisiatif dari warga sekitar sendiri biar penyu tidak punah. Alasannya, dulu masyarakatpulau suka makan telur penyu.


Sejak tahun 2015, warga mulai membangun penangkaran penyu sisik sesudah mengenali satwa tersebut semakin langka. Tentunya menyaksikan eksklusif penangkaran penyu ini bisa menjadi pengalaman yang berharga. Selain itu, bila Anda datang pada waktu yang tepat, Anda mampu menyaksikan pelepasan bayi penyu tersebut.


Wisata Kepulauan Seribu 2T1N


✦ Pohon gelisah


Ada yang unik saat menjelajahi Pulau Sebira. Karena di tengah maritim tampakpohon yang berkembang sendiri tanpa koloni, oleh sebab itu penduduk lokal menyebutnya selaku Pohon Troubled. Dasarnya sedikit terendam di perairan pantai yang dangkal, tetapi masih kokoh.


Kawasan Confused Tree ialah salah satu daerah terbaik untuk menikmati sunset di pulau ini. Selain itu, Anda bisa bermain air sambil menanti matahari perlahan terbenam di segi barat. Anda bisa berlangsung-jalan di perairan dangkal, mencari foto-foto indah dengan latar belakang pohon-pohon yang kusut dan situasi senja yang eksotis.


✦ Keindahan alam bawah bahari


Keindahan bawah bahari Pulau Sebira dilarang dilewatkan. Pasalnya, keindahan surga bawah laut ini tak pernah gagal membuat turis kembali ke pulau tersebut. Tepatnya di pesisir timur pulau yang menjadi salah satu spot terbaik untuk snorkeling di sini.


Tepatnya sekitar 200 meter dari bibir pantai sehabis melewati terumbu karang. Kedalaman laut sekitar dua meter dan memberikan panorama bawah laut yang indah. Dimana Sebira masih memiliki karang yang sangat tinggi didominasi oleh jenis Acropora sp., Branching, Submassive dan Folliose. Anda juga mampu melihat ikan berwarna-warni berenang di sekitarnya.


Dolphin Island Tour 2T1N – Pulau Harapan


Alamat dan rute menuju lokasi


Alamat pulau SebiraFoto oleh Ero Kuswara di Google Maps


Pulau Sebira secara administratif terletak di Kecamatan Desa Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Letak pulau ini berada di ujung paling ujung Gugusan Kepulauan Seribu. Tepatnya di ujung utara, maka julukan “Guardian of the North”.


Jarak dari daratan Jakarta sekitar 160 km dan mengkonsumsi waktu sekitar 7 sampai 8 jam dengan perahu. Perjalanan melewati pulau-pulau kecil di sekeliling Pulau Harapan yang biasa dijadikan destinasi island hopping dan snorkeling.


Sesampainya di dermaga pulau, hadirin disambut dengan tanda selamat datang. Setelah melewati papan nama, Anda memasuki jalan desa yang diaspal dengan rumah penduduk asli di kedua sisinya. Anda juga mampu menjelajahi pulau yang luasnya sekitar 8,82 hektar atau hanya sepersepuluh dari lapangan Monas ini.


Biaya Tur dan Jam Operasional


Bicara soal harga tiket, mengunjungi Pulau Sebira tidak memerlukan tiket masuk khusus. Namun sebab untuk menuju ke pulau ini mesti menggunakan bahtera terlebih dahulu, maka menuju ke pulau ini tentunya tidak sepenuhnya gratis. Anda harus membayar harga perahu yang beragam tergantung negosiasi.


Selain itu, Anda juga akan dikenakan tarif bermalam jika memilih bermalam di sini. Homestay yang disediakan warga memiliki harga mulai dari Rp 450.000 per malam yang bisa menampung hingga 15 orang.


Kegiatan yang menawan


Aktivitas seru di Pulau SebiraFoto oleh Hairil Saleh di Google Maps


1. Jelajahi pulau


Karena mempunyai luas sekitar 8,82 hektar yang hanya sepersepuluh dari luas Lapangan Monas, Anda mampu menjelajahi pulau dan menemukan banyak sekali hal unik di Pulau Sebira. Hampir 95% masyarakatdi sini adalah orang Bugis. Sehingga anda bisa menyaksikan banyak rumah khas Bugis yang mempunyai lorong di bawahnya. Selain keunikan rumah Bugis, pastinya keindahan alam juga akan memanjakan mata.


2. Kunjungi mercusuar Noord Wachter di Pulau Sebira


Sebagai salah satu peninggalan zaman penjajahan Belanda yang terkenal, di Pulau Sebira tentunya Anda dilarang lupa untuk mendatangi mercusuar Noord Wachter. Dari puncak menara setinggi 11 lantai ini, wisatawan bisa menyaksikan seluruh wilayah pulau. Di sini pertama-tama Anda mesti menaiki setidaknya 210 anak tangga untuk hingga ke lantai paling atas.


3. Amati penangkaran penyu


Penyu sisik ialah spesies penyu langka yang didapatkan di Sebira. Oleh sebab itu Anda juga wajib untuk mengunjunginya secara langsung ketika berkunjung ke sini. Jika beruntung, Anda bahkan mungkin ada di sana melepaskan tukik ke laut. Hal ini pastinya akan menjadi pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan.


4. Snorkling


Mengingat keindahan alam bawah bahari yang hebat, sayang sekali jikalau Anda melewatkan aktivitas menyelam dikala berkunjung ke Pulau Sebira. Tempat terbaik untuk snorkeling yaitu di pesisir timur pulau, sekitar 200 meter dari bibir pantai. Anda mampu sampai di sana dengan bahtera dan melompat ke laut dari bahtera.


Fasilitas yang tersedia di daerah wisata


Fasilitas Pulau SebiraFoto oleh Delli Gunarsa di Google Maps


Karena memang fokusnya bukan pada pariwisata, mungkin tidak banyak akomodasi wisata yang Anda temukan di sini. Selain itu, tidak ada ongkos masuk wisata yang dibebankan kepada pengunjung yang ingin menjelajahi pulau. Namun, akomodasi perahu tersedia untuk menjinjing Anda ke dan dari pulau.


Kemudian, banyak rumah penduduk yang dijadikan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap. Meski tidak banyak warung wisata, lazimnya ada pedagang nasi uduk di pagi hari, serta pedagang gerobak keliling yang menjajakan aneka macam macam makanan. Anda juga dapat merasakan masakan khas setempat bila memesan terlebih dahulu.


Berlibur di Pulau Sebira niscaya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Karena berlawanan dengan pulau berpenghuni yang lain di Kepulauan Seribu. Tidak ada pos polisi atau militer di pulau ini, ketua RW dan RT akan memperkuat keselamatan pulau ini. Ini unik sehingga mesti dimasukkan dalam daftar yang harus dikunjungi.


Source: www.itrip.id